Jenis Jenis Kaca Mata

Seberapa Penting Kacamata Hitam Melindungi Mata?

Kacamata lebih populer sekarang dari sebelumnya. Mereka adalah bahan pokok dalam mode modern meskipun ada kemajuan dalam kontak dan operasi koreksi penglihatan. Bahkan orang-orang dengan penglihatan sempurna menambahkan. Dengan begitu banyak bingkai, lensa, dan perawatan yang tersedia, memilih kacamata baru bisa sangat melelahkan. Panduan ini akan menjelaskan semua jenis kacamata yang tersedia.

1. Visi Tunggal
Lensa penglihatan tunggal adalah jenis lensa kacamata termurah dan paling umum. Mereka memiliki bidang penglihatan terbesar karena mereka hanya mengoreksi penglihatan pada satu jarak tertentu (jauh atau dekat). Jika Anda rabun jauh, rabun dekat, atau memiliki astigmatisme, kemungkinan besar Anda akan diberi resep lensa penglihatan tunggal.

2. Bifokal
Lensa bifokal bersifat multifokal, artinya mereka memiliki dua “kekuatan” yang berbeda di dalamnya. Bagian lensa yang berbeda ini mengoreksi penglihatan jarak jauh dan penglihatan dekat. Lensa bifokal diresepkan untuk orang dengan masalah penglihatan ganda.

3. Trifokal
Lensa trifokal mirip dengan lensa bifokal. Tetapi mereka memiliki kekuatan tambahan untuk mengoreksi penglihatan menengah. Bagian tengah dapat digunakan untuk melihat layar komputer, misalnya.

Kelemahan utama dari bifokal dan trifokal adalah bahwa mereka memiliki garis yang berbeda antara setiap bidang penglihatan. Hal ini membuat bagian lensa menghasilkan penglihatan yang sangat berbeda. Kebanyakan orang terbiasa dengan ini dan tidak memiliki masalah. Namun kelemahan ini telah menyebabkan pengembangan lensa yang lebih maju, seperti lensa progresif.

4. Progresif
Lensa progresif bekerja untuk siapa saja yang membutuhkan bifokal atau trifokal. Mereka memberikan koreksi yang sama untuk penglihatan dekat, menengah, dan jarak jauh. Mereka melakukan ini tanpa garis di antara setiap bagian. Banyak orang lebih memilih lensa ini karena transisi antar bidang penglihatan lebih mulus.

5. Jenis Kacamata (Non-Resep)
Kacamata non-resep melayani berbagai fungsi, termasuk perawatan mata preventif, keamanan, dan fashion. Kacamata baca tersedia over-the-counter (OTC) atau melalui resep dokter. Mereka meningkatkan kemampuan Anda untuk melihat sesuatu dari dekat, terutama saat membaca buku, koran, laptop, dan layar ponsel. Kacamata baca OTC bekerja dengan baik untuk orang-orang dengan penglihatan yang sama di setiap mata dan penglihatan jarak yang baik. Ini datang dalam kekuatan dari +1.0 hingga +4.0.