Beberapa Manfaat Eceng Gondok Yang wajib Diketahui

Tentunya bukan hal yang asing bagi orang mendengar tumbuhan yang tumbuh di atas air ini, hampir semua orang tahu tumbuhan ini tetapi bukan semua orang tahu manfaat sebenarnya yang di hasilkan dari tumbuhan ini, ingin tahu apa itu manfaatnya? silahkan baca sampai habis keterangan yang kami berikan tentang manfaat tumbuhan ini

bukan tanaman asing bagi manusia, eceng gondok ini biasanya di temukan di danau, rawa maupun di sungai.

namun sebelum memasuki pembahasan inti ada hal yang tidak boleh terjadi bahwa tumbuhan eceng gondok di biarkan ternyata dapat merusak lingkungan perairan loh, maka dari itu harus lebih di perhatikan jika memelihara eceng gondok ini

Berdasarkan pengalamanyang di lakukan oleh sesorang selama ini, setidaknya ada empat manfaat yang ada di eceng gondok

1. Menangkap polutan logam
walaupun memiliki banyak sekali efek negatif dari eceng gondok ini berdasarkan hasil penelitian, eceng gondik memiliki fungsi menangkap polutan logam berat yang berada dalam air.

karena itu la, indra dan seluruh tim nya telah mengambil hampir semua eceng gondok yang berada di aliran sungai Citarum.

saat di ukur luar dari sungai ini 80 gektar. indra dan tim mencoba menggalbil memanfaatkan, namun tidak bisa semua mereka ambil, tutur indra kepada tim.

2. Kerajinan tangan
Tumbuhan eceng gondok ini ternyata bisa di jadikan bahan kerajikan tangan. apa saja kerajinan tangan tersebut yaitu mulai dari tas, sendal, keranjang, atap gazebo.

cara nya sederhana saja, silahkan ambil beberapa batangnya, kemudian anda keringkan saja batang tersebut dengan cara di jemur.

setelah sudah kering, batang ini di belah sesuai keinginan atau keperluan untuk buat apa, lalu di anyam. bentuk lilitan hasil batang eceng gondok menarik dan natural sekali, mirip sekali dengan rotan.

ada beberapa bentuk anyaman yang perlu di bentuk, untuk itu akan memperlihatkan motif yang berbeda pada kerajinan yang di buat.

3.Media Tanam
manfaat menarik dari eceng gondok ini juga unik seperti batangnya di buat kerajinan, maka akarnya juga tidak ingin kalah yaitu bisa di sulap menjadi media tanam.

caranya tidak sulit, siapkan saja tanah, campurkan akar eceng gondok, siram dengan air, dan media tanam pun bisa di gunakan

“Dari pengalaman beberapa orang termaksud saja, media tanam ini akan menuburkan tanaman yang akan berbuah bagus”.

4. Briket dan pupuk organik cair
sudah jelas bahwa seluruh bagian eceng gondok ini bisa di manfaatkan sebagai hal yang menguntungkan, selain batang dan akar eceng gondok, bagian lainnya juga tentunya bisa di manfaatkan untuk material briket dan bisa juga menjadi pupuk organik cair.

permintaan peminat pupuk organik cari yang di hasilkan eceng gondok ini banyak sekali pemintannya,indra sendiri yang mentuturkan bahwa ia bisa menjual seharga Rp 20.000 per liter nya.

tentunya indra berharap kedepannya ada pihak yang bisa membantu ia pemasaran, sehingga produk ini bisa secara langsung terjual ke masyarakat dan tentunya dengan jangkauan yang lebih luar.