Hal Yang Harus Segera Kamu Lakukan Apabila Disengat Tawon!

Tawon memang kita kenal sebagai serangga yang cukup buas karena bila disengat maka efek yang diterima akan luar biasa bagi tubuh manusia yaitu biasanya akan mengalami rasa nyeri serta bengkak di area sengatannya tersebut dan memerlukan waktu beberapa hari untuk meredakannya.

Bisa reda dalam kurun waktu dalam beberapa hari setelah mendapat sengatan dari tawon sudah termasuk orang paling beruntung, akan tetapi tidak berlaku bagi orang yang memiliki alergi terhadap sengatan tawon dimana efek lainnya biasanya akan mengalami demam tinggi serta bengkak bisa mudah timbul di area lain yang justru bukan titik sengatan tawon tersebut sehingga akhirnya perlu perawatan medis lebih lanjut.

Disarankan untuk tidak menganggap remeh sengatan dari serangga tawon karena ada jenis tertentu yang cukup berbahaya seperti tawon vespa dengan racun mematikannya, sebaiknya lakukan trik ampuh berikut ini untuk atasi sengatan dari tawon yang wajib kamu ketahui untuk berjaga-jaga!

1. Mencari alat penyengat dari tawon

Hal paling utama dilakukan setelah mendapat sengatan dari tawon adalah mencari alat penyengat yang digunakan hewan tersebut apakah masih tertinggal di titik sengatannya atau tidak, apabila ada segera keluarkan dengan alat seperti kain kasa atau kuku. Kemudian hindari gerakan meremas di alat penyengat tersebut karena justru membantu racun semakin mudah menyebar dari kulit menuju ke area dalam tubuh.

2. Lakukan kompres dengan es

Kompres dengan es yang telah ditutup dengan kain bersih akan menjadi tips ampuh untuk meredakan rasa nyeri dan mencegah bengkak menjadi lebih besar, tetapi alangkah baiknya bila dicuci bersih dulu area kulit yang mengalami sengatan. Kamu bisa melakukan cara ini beberapa kali apabila sakit masih belum mereda ya guys.

3. Gunakan minyak esensial

Tips ini juga termasuk ampuh mengatasi sengatan tawon dimana minyak esensial yang mengandung antiseptik sangat bagus untuk kulit yang mengalami luka sengatan. Kamu bisa menggunakan jenis minyak esensial manapun untuk diaplikasikan ke dalam kulitmu dan akan lebih manjur lagi bila dikombinasikan dengan minyak zaitun ya guys.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *